Jumat, 25 Oktober 2013

Tugas 2

1.  Apa yang dimaksud dengan Bisnis? 
Jawab : 
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi iklim bisnis di Indonesia?
Jawab :
1.Faktor Modal
Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.
2. Faktor Kebijakan Pemerintah
juga dapat berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Dapat terjadi bahwa yang apa yang dipinjam lebih besar dari apa yang diterima. jika ini terjadi, maka pemerintah mengalami defisit. Pembelanjaan yang defisit ini dapat menjadi masalah dan dapat juga tidak menjadi masalah tergantung situasi apakah dapat mendukung terjadinya inflansi pemerintah melalui kebijakan fiskal atau moneterdapat memengaruhi kegiatan bisnis. contoh : adanya pajak dari pemerintah.
3. Faktor Lingkungan Masyarakat
pasar membutuhkan daya beli seperti halnya orang banyak. daya beli keseluruhan merupakan fungsi dari pendapatan saat itu, harga, tabungan dan kredit yang tersedia. Lingkunga ekonomi yang mempengaruhi bisnis, diantaranya : tingkat pendapatan perkapita, kebijakan-kebijakan pemerintah, siklus bisnis, munculnya pasar bebas dan kerjasama regional. contoh : keadaan pasar yang diminati sekarang-sekarang ini yang menjadi daya peningkat akan suatu bisnis.
4. Faktor Teknologi
kekuatan yang paling dramatisyang membentuk nasib manusia adalah teknologi. Teknologi telah menghasilkan karya mengagumkan seperti penisilin, pembedahan jantung dan pil pembatas kelahiran.Sikap seseorang terhadap teknologi tergantung pada apakah seseorang lebih terpikat dengan faedah positifnya yang mengagumkan atau akibatnya yang mengerikan. setiap teknologi baru merupakan satu kekuatan untuk "penghancuran kreatif". contohnya mobil melumpuhkan kereta api, televisi dan video melumpuhkan bioskop. jadi apabila sebuah peusahaan ingin meraih kesuksesan maka perusahaan tersebut harus kompetensi teknologinya sebagai pusat keunggulan.
5. Faktor Persaingan pasar
banyak sekali bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya. Contoh : bisnis di penjual minuman pasti sangat bersaingan antara pembisnis minuman yang bermerk A dan bermerk B.
6.  Faktor Jenis Bisnis
Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Contoh : memilih bisnis yang akan laku di kalangan masyarakat seperti menjual barang-barang kebutuhan primer.
7. Faktor Kondisi Negara
Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa menghambat bisnis yang dijalani. Contoh : saat terjadi inflasi. Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.
8. Faktor Sumber Daya Manusia
Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya. Contoh : melakukan pelatihan kepada para pekerja agar setiap pekerja menjadi SDM yang bermanfaat.
9. Faktor Alam
Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat terganggu. Contoh : adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita harus bersahabat dengan lingungan serta jangan merusaknya.
10. Faktor Ketepatan Produk atau Kecocokan Produk 
Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya. 
3. Seberapa besar bisnis tersebut berpengaruh dalam kehidupanmu sehari-hari?jelaskan.
Jawab :
menurut penjelasan dari wikipedia ditambah dari sumber yang saya baca, pasti sangat besar pengaruhnya bukan hanya ada pada diri saya sendiri tetapi juga pada orang lain. kata bisnis tentu sudah sangat kita kenal karena dimanapun kita berada pasti kita melihat bentuk-bentuk dari bisnis. Proses berbisnis yaitu jual-beli. Dalam kehidupan sehari-hari sudah dapat dipastikan kita pasti mengalami proses jual-beli tersebut. bisa saja kita menjadi pembeli atau penjual. Contoh jual-beli banyak sekali ditemukan dimana saja seperti pasar, supermarket, toko, mall, warung, dan lain-lain.
Bisnis mempunyai peranan penting karena karena melalui kegiatan bisnis suatu perusahaan akan dapat memenuhi setiap kebutuhan,keinginan,dari konsumen yang beraneka ragam, sehingga masyarakat atau konsumen merasa terpuaskan. Bisnis dilakukan untuk mendapatkan uang (hal yang paling terpenting dalam kehidupan bisnis). Bisnis dilakukan agar kita bisa menjalani interaksi dari manusia satu ke manusia lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan berbisnis.

Sumber : 

http://josephinejoe.wordpress.com/2012/10/19/faktor-yang-mempengaruhi-iklim-bisnis-di-indonesia/  
http://delyarr.blogspot.com/2012/10/pengertian-bisnis-pada-wikipedia.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar